ANALISIS VEGETASI METODE KUADRAT PDF

Metode Teknik Analisis Vegetasi merupakan cara mempelajari dan Bentuk unit sampling dalam survey vegetasi dapat berupa kuadrat, garis dan titik. Oleh karena itu melalui metode minimal area, dengan mudah kita patokan dalam analisis vegetasi dengan metode kuadrat (Anonim, ). KSA dapat digunakan untuk menentukan luas kuadrat tunggal minimum yang Metode dalam Analisa Vegetasi Dalam analisa vegetasi ini.

Author: Kelabar Tegis
Country: Bosnia & Herzegovina
Language: English (Spanish)
Genre: Career
Published (Last): 6 December 2012
Pages: 98
PDF File Size: 5.49 Mb
ePub File Size: 5.28 Mb
ISBN: 346-3-53646-999-1
Downloads: 47966
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shakazilkree

Prinsip penentuan ukuran petak adalah petak harus cukup besar agar individu jenis yang ada dalam contoh dapat mewakili komunitas, tetapi harus cukup kecil agar individu yang ada dapat dipisahkan, dihitung dan diukur tanpa kuarrat atau pengabaian.

Dengan demikian pada suatu daerah vegetasi umumnya akan terdapat suatu luas tertentu, dan daerah tadi sudah memperlihatkan kekhususan dari vegetasi secara keseluruhan.

Dengan ordinasidiperoleh releve vegetasi dalam bentuk model geometrik yang sedemikian rupa sehingga releve yang paling serupa mendasarkan komposisi spesies beserta kelimpahannya akan rnempunyai posisi yang saling berdekatan, sedangkan releve yang berbeda xnalisis saling berjauhan. Oleh karena itu melalui metode minimal area, dengan mudah kita dapat mengetahui jumlah populasi dalam suatu daerah dengan mengasumsikan bahwa daerah yang kita pakai sebagai sampling dapat mewakili kerapatan dan keberagaman jenis kuzdrat pada daerah yang akan diamati1.

Hal ini menunjukan daya penyebaran dan adaptasinya terhadap lingkungan.

Hitung jumlah spesies yang ada pada petak tersebut. Tumbuhan yang hidup dipermukaan tumbuhan lain biasanya pohon dan palma.

Caranya adalah dengan mendaftarkan jenis-jenis yang terdapat pada petak kecil, kemudian petak tersebut diperbesar dua kali dan jenis-jenis yang ditemukan kembali didaftarkan. Selain itu diukur pula jarak antara pohon terdekat dengan titik pusat kuadran. Lalu pada plot 4, dengan luas 50x cm2 sudah tidak ada lagi pertambahan spesies.

  BEWEHREN NACH DIN 1045-1 PDF

Published on Apr View Download 7. Rekapitulasi data hasil pengamatan Plot 1 Luas Plot 0. Untuk keperluan analisis vegetasi diperlukan data-data jenis, diameter dan tinggi untuk menentukan indeks nilai penting dari penyusun komunitas hutan tersebut. Sifat komunitas akan ditentukan oleh keadaan individu-individu tadi, dengan demikian untuk melihat suatu komunitas sama dengan memperhatikan individu-individu atau populasinya dari seluruh jenis tumbuhan yang ada secara keseluruhan.

Dengan demikian vsgetasi dalam pada suatu bentuk vegetasi itu akan di dapatkan suatu wilayah terkecil yang dapat mewakili vegetasi kecuali untuk hutan tropika yang sangat sulit di tentukan luas terkecil.

Praktik analisis aanlisis sangat ditunjang oleh kemampuan mengenai jenis tumbuhan nama. Abrus precatorius Linn 0,5 m x 1 m: Luas minimum dan jumlah minimum dapat digabung dengan menentukan luas total dari jumlah minimum yang sesuai dengan luas minimum yang sudah dapat didapat terlebih dahulu.

Spesies di luar vrgetasi sampel dicatat. Minimal mediastinal dissection and minimal injury risk Documents. Oleh karena itu pada umumnya suatu vegetasi akan didominasi oleh spesies tumbuhan tertentu saja. Keadaan ini dapat dikembalikan kepada sifat umum suatu vegetasi yaituvegetasi berupa komunitas tumbuhan yang dibentuk oleh populasi-populasi. Jarak satu titik dengan lainnya dapat ditentukan secara acak atau sistematis. Luas daerah contoh vegetasi yang akan diambil diatasnya sangat bervariasi untuk setiap bentuk vegetasi mulai dari 1 dm2 sampai m2.

Keadaan ini dapat dikembalikan kepada sifat umum suatu vegetasi yaitu vegetasi berupa komunitas tumbuhan yang dibentuk oleh populasi-populasi. Suatu syarat untuk daerah pengambilan contoh haruslah representatif bagi seluruh vegetasi yang dianalisis.

Makin tinggi keanekaragaman jenis yang terdapat pada areal tersebut, makin luas petak contoh yang digunakan. Frekuensi vegetasi ditentukan berdasarkan perjumpaan suatu jenis tumbuhan selama pengamatan dilakukan.

  HEPWORTH SUPERSLEVE PDF

MINIMAL AREA.docx

Berdasarkan grafik, sumbu x adalah luas kuadrat dan sumbu y adalah jumlah kumulatif jenis. Dengan demikian pada suatu daerah vegetasi umumnya akan terdapat suatu luas tertentu, mftode daerah tadi sudahmemperlihatkan kekhususan dari vegetasi secara keseluruhan. Beberapa rumus yang penting diperhatikan dalam menghitung hasil analisa vegetasi, yaitu Gapala, ; 1.

Indek Nilai Penting importance value Indeks Merupakan gambaran lengkap mengenai karakter sosiologi suatu spesies dalam komunitas Contis dan Mc Intosh, dalam Shukla dan chandel analisid Untuk mempelajari komposisi vegetasi perlu dilakukan pembuatan petak-petak pengamatan yang sifatnya permanen atau sementara.

Abrus precatorius LinnBambusa vulgaris,dan poaceae 2 m x 4 m: Skip to main content.

Yudimi Arsepta –

ABSTRAK Leupung merupakan anlaisis satu pulau yang terdapat di Provinsi Aceh, kawasan Glee Reuleung Leupung aceh besar merupakan kawasan hutan yang endemis bagi penyebaran flora dan fauna, dan mempunyai keanekaragaman jenis pohon yang Karena titik berat analisa vegetasi terletak pada komposisi jenis dan jika kita tidak bisa menentukan luas petak contoh yang kita anggap dapat mewakili komunitas tersebut, maka dapat menggunakan teknik Kurva Spesies Area KSA.

Pada suatu daerah vegetasi umumnya akan terdapat suatu luas tertentu, dan daerah tadi sudah memperlihatkan kekhususan dari vegetasi secara keseluruhan. Berdasarkan grafik untuk Plot 3, didapatkan luas minimal area yaitu pada luas 1 x 2 m yang setelah dilakukan penarikan garis singgung menyinggung titik tersebut.

Plot awal dimulai dari 0. Ukuran tersebut bervariasi dari 1 dm2 sampai m2.